Kamis, 11 Maret 2010

Bab 7 - Mengidentifikasi Perangkat Lunak Lembar Kerja Beserta Fungsi Ikon dan Menunya-

A. Manfaat Program Lembar Kerja

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak spreadsheet yang sangat cocok untuk menyeleaikan dengan cepat dan akurat berbagai data kuantitatif (angka). Dengan pengolah angka Microsft Excel, kita dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik.

Dalam pengolah angka Microsoft Excel terdapat fasilitas-fasilitas khusus, yaitu;
• Pembuatan grafik dengan model-modelnya melalui Chart wizard.
• Mengurutkan angka melalui Ascending dan Descending
• Penyaringan data melalui Auto Filter dan Advance Filter
• Akurasi input data melalui Validation
• Pembuatan rumus melalui Paste Function untuk ketepatan dan kecepatan penyajian data
• Format bersyarat melalui Conditional Formating

Pengolah angka Microsoft Excel 2007 hadir untuk memberikan solusi cepat dan akurat dalam penyajian informasi data kuantitatif, baik dalam bentuk angka, tabel maupun grafik.
Pengolah angka Microsoft Excel 2007 sering dimanfaatkan dalamberbagai bidang seperti;

bidang keuangan (koperasi, jual beli, perbankan dan lain-lain),
teknologi (alat, bahan serta hasil produksi),
social politik (sensus data, pemilihan umum, data kriminalitas, dan lain-lain),
pendidikan (data nilai, data guru dan karyawan, jadwal pelajaran) dan lain-lain.



B. Mengaktifkan Program

Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel dapat dilakukan melalui berbagai cara;

1. Start >> Program >> Microsoft Excel

2. Klik tombol Start >> Run >> ketikkan “excel” >>Enter

3. Lihat di desktop bila ada shortcut menu Microsoft Excel langsung klik 2 x icon tersebut
Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (sambil membaca tutorial ini, silahkan tunjukkan dengan mouse kalian masing–masing terhadap komponen berikut) :

• Office Butto
• Quick Access Toolbar
• Title Bar
• Tabmenu Ribbon
• Ribbon
• Formula Bar
• Status Bar
• Horizontal Scroll Bar
• Vertical Scroll Bar
• SpreadSheet Area
• Columns
• Rows




C. Menggunakan Menu Pada Microsoft Excel

Menu pada Microsoft Office dapat bertambah sesuai kebutuhan pengguna. Untuk menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada menu dapat menggunakan mouse ke menu yang dituju. Pada menu yang dituju akan terbuka beberapa bubmenu kemudian untuk menggunakan fungsi dari setiap submenu dilakukan dengan mengklik submenu tersebut.

1. menu file

merupakan menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerja Microsoft Excel.

Menu yang terdapat diantaranya:

a. New, untuk membuat lembar kerja baru
b. Open, membuka dokumen
c. Close, menutup dokumen
d. Save atau Save as, menyimpan dokumen
e. Page Setup, mengatur dokumen
f. Print, mencetak dokumen
g. Exit, menutup Microsoft Excel

2. menu edit

merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif.

Menu yang terdapat diantaranya:

a. Edit, untuk mengedit dokumen
b. Undo, pembatalan perintah terakhir
c. Repeat, pengulangan perintah terakhir
d. Cut, memotong data
e. Copy, menyalin data
f. Paste, memindahkan hasil penyalinan
g. Delete, untuk menghapus data
h. Move or Copy Sheet, penyalinan sheet
i. Delete Sheet, menghapus sheet

3. menu view

merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel. Menu yang terdapat diantaranya:

a. Task Pane
b. Tool Bar
c. Formula Bar
d. Status Bar
e. Header and footer

4. menu insert

merupakan suatu menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja Microsoft Excel baik berasal dari dalam maupun luar lingkungan Microsoft Excel.

Menu yang terdapat diantaranya:

A. Cells, menambahkan sel
b. Rows, menambahkan baris
c. Columns, menambahkan kolom
d. WorkSheet, menambahkan lembar kerja
e. Chart, menambahkan garfik
f. Symbol, memasukkan simbol
g. Function, melakukan berbagai macam perhitungan
h. Name
i. Comment
j. Picture, memasukkan gambar
k .Hyperlink, penyisipan hyperlink

5. menu format

merupakan suatu menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja.

Menu yang terdapat diantaranya:
a. perintah untuk mengatur ukuran dan jenis huruf
b. format angka
c. warna
d. garis pembatas sel
e .baris dan kolom


6. menu tools

merupakan suatu menu yang digunakan untuk pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna computer lain dalam satu jaringan secara bersama-sama dan pengaturan setting program Microsoft Excel. Selain itu dapat digunakan untuk membandingkan dan menggabungkan beberapa workbook dalam satu jaringan mernggunakan perintah Compare and Merge WorkBooks. Untuk keamanan data dilengkapi dengan perintah Protection

7. menu data

merupakan menu yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.

Menu yang terdapat diantaranya:

a.Sort, mengurutkan data dari terkecil sampai terbesar
b.Filter, manyaring data
c.Form
d.Menghitung nilai subtotal
e.Membuat table


8.menu window
yang digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif.

Menu yang terdapat diantaranya :

a. New Window, membuka jendela baru
b. Arrange, mengatur letak workbook
c. Hide, menyembunyikan workbook
d. Unhide, menampilkan kembali workbook
e. Split
f. Freeze Panes


9.menu help

menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.

Menu yang terdapat diantaranya:

a. Microsoft Excel Help, panduan Microsoft Excel
b. Hide the Office Assistant
c. What’s This
d. Office on the Web
e. Activate Product
f. Lotus 1-2-3 Help
g. Detect and Repair


D. Ikon pada Microsoft Excel

Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah. Toolbar standar terdiri atas ikon-ikon yang digunakan untuk membuka dokumen yang dibuat sebelumnya, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan lain-lain. Toolbar formatting terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja. Toolbar yang tidak ditampilkan pada Microsoft Excel dapat dipilih melalui menu View tollbars, kemudian memilih jenis toolbar yang ingin ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar