Rabu, 02 Desember 2009

Bab 2. Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

Bab 2. Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

World Wide Web (WWW) atau web mwrupakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna computer yang terhubung dengan Internet. WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah system dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan informasi lainnya dipresentasikan dalam bentuk hypertext.

> Internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan. Brikut bidang yang mendapatkan manfaat dari pengguna Internet.

1. Bidang Akademis, pelajar tidak perlu mencari buku diperpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas disekolah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi yang relavan dan lebih up-to-date dapat segera ditemukan.

2. Bidang ekonomi dan bisnis, dapat dilakukan secara lintas negara dimana pelakunya tidak perlu berpergian ke tempat dimana rekan bisnisnya berada.

3. Bidang keagamaan, dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi-diskusi keagamaan, pengumpulan zakat, infak, dan lain-lain.

4. Bidang Sosial, menjalin komunikasi dengan teman di seluruh penjuru dunia dengan biaya yang relative murah dan dalam waktu yang singkat.

5. Bidang Komunikasi, bermanfaat bagi pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan sambungan biaya internasional yang sangat mahal untuk menghubungi rekan bisnis maupun keluarga diluar negeri.

6. Bidang Hiburan, bermanfaat untuk bermain game dengan lawan dari negara lain dengan menggunakan Internet, dan dengan gampang mendapatkan klip-klip dari lagu faforit dengan mudah.

> Fasilitas utama yang dimiliki oleh berbagai browser pada umumnya adalah sama, yaitu penyedia layanan navigasi di dunia maya.
1. Title Bar, merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka.
2. Menu Bar, berisi menu utama pada browser.
3. Toolbar, tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas untuk mengakses menu yang ada dalam bentuk button.
4. Addres Bar, berfungsi untuk menuliskan alamat situs.
5. Workspace, ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kamu kunjungi.
6. Status Bar, berfungsi untuk menampilkan status dari situs web yang sedang dibuka.

- URL merupakan alamat sebuah situs dari sumber lainnya di Internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya.

- Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan dilihat, jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam WWW.

- Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan. Link merupakan unsure dari dokumen hypertext yang dapat kamu pilih.

- HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

- Google merupakan mesin pencari yang cukup terkenal untuk saat ini dan memberikan hasil yang sangat cepat. Tidak hanya kecanggihan yang dimiliki oleh google, tetapi juga layanan komnikasi dengan penggunanya menggunakan bahasa Indonesia.

- Popularitas Yahoo meningkat dimata penggunanya, karena banyak fiture yang
disediakan. Hal ini disebabkan karena Yahoo memposisikan diri sebagai situs portal di
Internet.

- Search engine memiliki tiga komponen penting, yaitu elemen yang disebut laba-laba.
Elemen ini mengakses situs web secara periodic satu atau dua bulan untuk melihat apakah terdapat perubahan dari situs tersebut, Indeks disebut juga catalog yang mirip dengan sebuah buku raksasa, berisi salinan copy dari setiap situs yang dikinjungi elemen laba-laba, Software search engine itu sendiri, program ini yang memilah jutaan data dalam catalog yang berisi salinan halaman situs web dan mencocokannya.

- Menyimpan informasi dapat menggunakan format html, dengan mengcopy kemudianDipindahkan ke Microsoft Word.

- Download adalah proses pengambilan file dari computer melalui Internet. Download Juga dikenal dengan istilah upload. Upload adalah istilah yang melibatkan pengiriman salinan sebuah file ke lokasi jaringan jarak jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar